Berani Mencoba Memang Bukan Perkara Mudah, tapi Masa Nggak Bisa?

Bisa Nggak? Bisalah Masa Enggak. Yok Bisa Yok!



Gambar Grid.id


Berani mencoba memang menjadi duduk perkara yang rumit bagi sebagian besar insan. Dari mulai kerabat hingga teman-teman dekat, tak jarang dihadapkan pada situasi simalakama seperti ini. Tidak jauh-jauh, Saya sendiri pun menjadi bagian dari firqah linglung kala berhadapan dengan hal-hal baru beberapa dekade yang lalu. Kebanyakan sebab, selalu tentang kondisi sebelumnya yang memberi rasa nyaman, berada di zona ngenak-ngenakno.

banyak alasan yang dapat dijadikan alibi bagi orang yang sedang dalam posisi stuck —tidak berani mencoba. Mulai dari yang terkesan blur dan nggak jelas hingga yang logis dan ada-ada saja. Semuanya menjadi tameng paling manjur bagi posisi wuenak dalam bermalas-malasan.

Tepat berada di fase males ngapa-ngapain mungkin pernah dirasain semua orang. ketimbang menuntaskan pekerjaan ataupun kewajiban, main Game mungkin bakal jadi pilihan yang lebih menawan. Begitu berkuasanya rasa malas untuk menunda-nunda sesuatu.

Hal yang terjadi kemudian adalah imbas besar pada kemampuan Saya dalam berkomunikasi dengan orang-orang baru atau orang-orang asing. Gerak-gerik yang grogi tidak percaya diri dan ritme bicara yang bingung membuat suasana sosial menjadi suram. Sehingga Saya mempunyai tekad untuk menyudahi problem menggelisahkan ini.

Berangkat dengan coba-coba untuk nimbrung pada giat-giat positif, merupakan langkah awal bagi Saya dalam menyelesaikan masalah stuck ini. Meskipun bercengkrama secara langsung dengan halayak luas tidak menjadikan diri sendiri menjadi terbiasa sekaligus, tetapi tentu menciptakan pengalaman-pengalaman menarik untuk terbiasa menghadapinya kemudian.

Dan dari coba-coba tersebut, terjadi peningkatan drastis dalam kehidupan Saya. Sekalipun beberapa kali dihadadapkan pada kondisi lelah, istirahat yang pas dan cukup sudah membawa suasana segar kembali. Hal demikian membuat Saya menyadari betapa recehnya berani mencoba, dengan efek besar yang mampu merubah gaya hidup. Rasa percaya diripun semakin meningkat.


Manfaat dari Berani Mencoba

Berani mencoba tentu dapat membuat diri Kamu menjadi lebih fresh lagi dari sebelum-sebelumnya. Mampu mengevaluasi diri sehingga dapat meng-upgrade kualitas dari diri Kamu. Semua itu dapat Kamu lakukan secara seksama dan pelan-pelan. Hal yang menjadi titik penting adalah tetap bisanya berjalan meski harus dengan sedikit demi sedikit. Tak Mengapa sekali.

Saat-saat sedang menjalani hobi atau bertemu dengan tantangan, bayangan-bayangan tentang apa saja yang akan dilakukan bakal membludak dalam pikiran. Tetapi bagi yang tidak mempunyai tekad untuk berjalan, mungkin berada di fase malas-malasan lebih jadi pilihan. Bila hal tersebut terjadi berlarut-larut, lantas apakah kehidupan luar biasa yang hanya dijalani satu kali ini bakal menjadi sia-sia? Tentu tidak kan? maka tidak perlu lagi untuk ragu-ragu dalam mewujudkan impian-impian yang selama ini terpendam.

Setidaknya ada beberapa Manfaat yang dapat Diperoleh dari Berani Mencoba untuk menjadi pertimbangan rekan-rekan, diantaranya:

Mengisi Waktu Senggang

Kamu bisa saja mempunyai waktu senggang yang relatif banyak. Ketika waktu senggang tersebut berlalu begitu saja dengan kondisi malas-malasan, tentu lebih baik agar kamu dapat mengisi waktu senggang tersebut dengan hal-hal baru. 

Hal baru yang positif dapat menjadikan diri berkembang dan membuat diri sendiri berterimakasih pada dirimu kelak karena sudah berani mencoba dan memanfaatkan waktu dengan baik.


Meredam Kecemasan

Dengan berani mencoba hal baru yang Kamu takuti sebelumnya bakal membawa keuntungan sendiri bagi dirimu. Sebab dalam perjalanannya, pelan-pelan Kamu akan menemukan titik evaluasi sehingga dapat meningkatkan kualitas diri.


Menemukan Kemampuan Diri

Kebanyakan orang mungkin belum benar-benar yakin terhadap tujuan hidupnya masing-masing. Apalagi jika aktifitas sehari-hari hanya itu-itu saja dan berhenti di zona nyaman, dapat dipastikan rasa hampa dan hambar akan segera hadir.

Maka dari itu kita harus berani mencoba hal-hal baru dan positif. Agar kemungkinan kita menemukan tujuan hidup semakin besar.


Menjadi Percaya Diri

Berbekal pengalaman dan kemampuan menjadikan diri sendiri lebih percaya diri dalam menjalani kehidupan. Dengan begitu proses berani mencoba hal-hal baru dan positif semakin giat dan menjadikan peningkatan kualitas diri menjadi kian membaik.

 
Semua manfaat tersebut dapat kita dapatkan hanya ketika berani mencoba. Saat kita mulai berani mencoba, terdapat banyak pengalaman dan pelajaran yang akan mewarnai kehidupan untuk diceritakan kelak.

Tidak ada komentar untuk "Berani Mencoba Memang Bukan Perkara Mudah, tapi Masa Nggak Bisa?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel