Adaptasi Trend Glow-Up Drama Korea, Usaha Jalani Hari dengan Sederhana dan Baik-Baik Saja


Oleh : Dewi Ariyanti Soffi

Serial Drama Korea True Beauty (istimewa)

bisabaik.com — True beauty merupakan serial drama korea yang tayang perdana pada tanggal 9 Desember. Berawal dari serial webtoon hingga menjadi sebuah film series atau yang dikenal dengan sebutan drama korea. Serial ini mengisahkan seorang tokoh yang bernama Lim Joo-Kyung yang diperankan oleh Moon Ga-Young sebagai siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang mengalami bullying atau perundungan yang dilakukan oleh teman sekelasnya, akibat penampilannya yang dianggap jelek dan tidak menarik. Akibatnya Joo-Kyung merasa putus asa, bullying yang ia terima tidak secara verbal saja namun juga secara fisik. Di serial ini bully mudah sekali untuk dilakukan hyung, eonni  


Akibat dari rasa putus asa tersebut Joo-Kyung belajar tutorial make-up melalui internet, namun usaha tersebut gagal karena riasannya terlalu tebal dan terkesan lucu. Aksi bullying yang terus-terusan dilakukan oleh teman-temannya membawa ia mengunjungi sebuah gedung, disitulah awal Joo-Kyung bertemu Lee Su Ho. Awalnya Su Ho mengira bahwa Joo-Kyung akan bunuh diri mengingat pengalaman traumatis yang ia rasakan saat sahabatnya melakukan aksi bunuh diri. Berawal dari pertemuan yang tidak disengaja, akhirnya mereka dipertemukan kembali dalam satu sekolah hingga Su Ho menyukai Joo-Kyung apa adanya bahkan tanpa riasan sekalipun.


Joo-Kyung memutuskan pindah sekolah dikarenakan masalah finansial, oleh karena itu Joo-Kyung dan sekeluarga harus kembali kerumah mereka yang lama. Disitulah ia mulai memainkan perannya, mulai dari mengubah image, penampilan hingga berperilaku, Joo-Kyung tak ingin dikenal sebagai pribadinya yang lama, yakni: seorang gadis SMA yang jelek, bodoh bahkan tidak disukai semua orang termasuk sahabatnya sendiri. Meskipun pengalaman traumatis tersebut tidak bisa hilang sepenuhnya, setidaknya Joo-Kyung bisa mendapat perhatian dan kasih saying dari teman-teman di sekolahnya. Joo-Kyung merasa ada perbedaan perilaku yang ia terima, yakni: saat ia menjadi gadis yang jelek dan saat ia menjadi gadis yang cantik. Hal tersebut  berkat tutorial make-up yang ia pelajari selama ini.


 Modal yang dikeluarkan Joo-Kyung memang tidak sedikit, dimulai dari membeli: BB cushion, eyeshadow, blush on, brush bahkan skincare. Ia rela menggunakan uang tabungannya untuk membeli keperluan itu semua. Baginya make-up merupakan nyawa dan penyelamat. Benar saja saat Joo-Kyung berubah menjadi gadis yang cantik, banyak pasang mata yang tertuju padanya bahkan sorot siswa satu sekolah. Hal itu mengantarkan Joo-Kyung bertemua laki-laki lain yang bernama Han Seo-Joon yang diperankan oleh Hwang In-Yeop. Tak hanya cantik secara fisik namun Joo-Kyung juga memiliki hati yang baik dan cantik. Oleh karena itu Han Seo-Joon menyukai Joo-Kyung karena telah membantu adik kandungnya saat mengalami perundungan. Benar saja, Joo-Kyung tak terima jika ada orang lain yang mengalami perundungan persis dengan apa yang ia alami di sekolah sebelumnya. 


Dari kasus Joo-Kyung dapat kita pelajari bahwa stigma akan standar kecantikan masih melekat dengan kuat di masyarakat. Perilaku ditentukan pada fisik seseorang, memang benar fisik merupakan hal pertama yang dilihat dari seorang manusia. Namun ada hal yang lebih penting dalam standar berperilaku, yakni inner beauty. Masyarakat lupa bahwa ada pribadi yang baik sebagai pedoman berperilaku, seperti: baik kepada sesama dan menolong tanpa pamrih, layaknya tokoh Joo-Kyung dalam serial drama True Beauty. 


Stigma yang mendarah daging ini seharusnya mulai direduksi oleh pemikiran yang open-mind, tak heran jika semua orang saat ini berlomba-lomba mengikuti trend glow-up. Apa itu glow-up? glow-up adalah transformasi atau perubahan seseorang yang umumnya terjadi secara fisik. Perubahan tersebut, antara lain: warna kulit seseorang yang awalnya gelap menjadi lebih putih, badan gemuk menjadi lebih kurus hingga kulit berjerawat menjadi mulus dan bersih.  Oleh karena itu standarisasi kecantikan, seperti: cantik, tinggi, langsing dan berambut lurus tetap menjadi center yang harus diikuti oleh para wanita.


Secara tidak langsung glow-up menciptakan sebuah kewajiban bagi seseorang untuk bertransformasi menjadi lebih cantik atau ganteng dari yang sebelumnya. Pada dasarnya hal tersebut memang bersifat positif, apalagi memotivasi orang lain. Namun, dengan demikian bukankah kita tidak menjadi diri sendiri dan dipaksa untuk mengkuti trend yang ada? Oleh karena itu, untuk menjadi diri sendiri kita perlu menemukan jati diri dan apa yang harus kita lakukan untuk menjadi yang lebih baik. Hal yang paling penting adalah dengarkan “kata hati” bukan “kata orang lain”.

Tidak ada komentar untuk "Adaptasi Trend Glow-Up Drama Korea, Usaha Jalani Hari dengan Sederhana dan Baik-Baik Saja"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel