Pikiran Orang dengan Gangguan Cemas Menurut Dr. Vivi Syarif

 

Ilustrasi panik dan cemas. -Pixabay-Geralt


bisabaik.com - Rasa khawatir merupakan sebuah perasaan yang wajar terjadi dalam setiap diri manusia. 

Sebab, dengan khawatir manusia dapat lebih berhati-hati dalam menjalani kehidupan.

Akan tetapi, jika perasaan khawatir dibiarkan berlarut terlalu lama, maka akan memberikan dampak yang cenderung negatif pada tubuh. Salah satu dampak negatif tersebut merupakan gangguan cemas.

Dr. Zulvia Oktanida Syarif, Sp.KJ, seorang psikiater menerangkan apabila terdapat sebuah pikiran yang bisa menjadi pertanda bagi diri sendiri untuk mengindikasi gangguan cemas tersebut.

Dikutip oleh BisaBaik dari unggahan akun Instagram dr.vivisyarif, berikut pikiran orang dengan gangguan cemas menurut psikiater yang akrab disapa Dr. Vivi Syarif.

"Eh, kok jantung berdebar-debar ya?"

"Duh napas jadi sesak nih..."

"Asam lambung naik pula..."

"Jangan-jangan aku sakit parah nih...?"

Setelah Konsultasi dan Pemeriksaan Dokter

"Masa sih EKG nya normal? Jangan-jangan salah kali..."

"Coba dokter lain deh, kayaknya aku harus CT scan..."

"Salah diagnosis nih kayaknya, pasti dokternya missed..."

"Ga mungkin ga ada apa-apa."

Setelah Sekian Pemeriksaan yang Menghabisakan Waktu dan Biasa

"Aku sakit apa sih? kok ga sembuh-sembuh?"

"aku punya dosa apa, sakit kayak gini?"

"Lebih baik mati aja daripada menderita begini..."

"aku cuma bisa nyusahin aja..."

Ketika Dokter Sarankan ke Spesialis Kedokteran Jiwa (SPKJ/Psikiater)

"Hah? kok ke dokter jiwa sih? Aku kan ga gila..."

"Aku gamau ke psikiater, nanti orang kira aku sakit jiwa..."

"Memangnya dokternya bisa bantu aku...?"

"Kayaknya dokternya salah rujuk deh..."

Ketika Ketemu Psikiater

"Duh cerita apa nih, bingung..."

"Sebenarnya aku baik-baik aja kali ya?"

"Aku ga ada masalah kan?"

"Tapi aku udah cape kayak gini terus"

Ketika Psikiater Meresepkan Obat

"Kok pake obat sih? Nanti ketergantungan?

Duh kok, kayaknya aku masih ringan deh, belum perlu pakai obat. Efek sampingnya apa?

Kalau aku barengin obat lambung dan obat sakit kepala, efeknya apa ya?

ini obatnya aman ga sih?

kata Google, obat ini efeknya jadi ... "

Setelah 1 Kali Minum Obat

"Abis minum obat kok aku malah sesak napas ya? ini jantung kok berdebar?

Maag juga jadi kambuh? Kok sakit kepala dan keleyengan ya?

Duh ini pasti gara-gara obat.*

Baca juga: Teruntuk Pejuang Hidup: Apa Sih Berhasil itu?

Aku kurang-kurangin sendiri aja deh obatnya."

Setelah Minum Obat dengan Dosis atau Aturan yang Tak Sesuai

"Kok aku ga sembuh-sembuh ya? Udah minum obat ke psikiater, kok masih gini-gini aja? udah coba latihan relaksasi 1x tapi ga mempan tuh, masih cemas aja. Duh, aku kenapa sih? Apa aku ga bisa sehat kayak orang lain?"

***

Tidak ada komentar untuk "Pikiran Orang dengan Gangguan Cemas Menurut Dr. Vivi Syarif"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel