Tips-tips Sederhana Atasi Rasa Stres

Tips Sederhana Atasi Rasa Stres atau Tekanan Pikiran -Pexels-energepic.com

bisabaik.com - Orang bijak bilang, hidup ini merupakan proses untuk menangani satu permasalahan ke permasalahan yang lain. Itu berarti jika kehidupan erat kaitannya dengan permasalahan. Dalam bahasa yang lebih vulgar, jika tidak ingin terdapat permasalahan, ya tidak usah hidup.

Masalahnya, tentu masing-masing orang memiliki masalahnya sendiri-sendiri, lengkp dengan kadarnya masing-masing. Ada yang ringan, agak berat, berat, serta berat sekali. Sehingga masalah-masalah yang ada dapat menggiring kita dalam situasi tertekan, terlebih kepada pikiran. Apalagi yang namanya hidup, kita tidak dapat memilah model serta kadar permasalahan yang bakal menuju kita, sehingga kita juga tidak dapat memilah besarnya tekanan pikiran yang bakal menghimpit serta membebani diri kita.

Para psikolog sepertinya telah bersepakat, jika untuk keperluan menanggulangi suasana tekanan pikiran atau stres, maka dirasa perlu untuk menyelami hingga pangkal permasalahan stres itu sendiri. Bila tidak dicari serta diatasi, maka upaya mengatasi stres itu hanya berakhir temporer semata.

Postingan ini terbuat bukan ditujukan untuk mengurai permasalahan yang ada karena stres. Saya bukan pakar jiwa, saya pun manusia yang memiliki banyak permasalahan serta kerap pula merasakan yang namanya tekanan pikiran. Tulisan ini sifatnya membantu, sekali lagi: semata-mata membantu, supaya dapat meringankan tekanan pikiran atau stres. Saya saripatikan dari bermacam tulisan serta pengalaman individu ataupun dari bermacam pengamatan. Dan cocok dengan judulnya, poin-poin sederhana dalam membantu menanggulangi rasa stres ini bersifat sepeleh, bisa jadi remeh, tetapi malah kerap dibiarkan.

Pertama, mandi. Mandi sepanjang ini banyak ditinjau dari sisi kesehatan serta kebersihan semata. Jika kita berkeringat, tubuh kotor, perlu mandi buat melindungi kebersihan tubuh kita. Tetapi, banyak riset yang menguak jika dari mandi dapat menyebabkan pikiran kita lebih segar. Di bermacam penyembuhan kuno, mandi kerap dijadikan fasilitas untuk membantu orang dalam menanggulangi rasa stres. Seorang yang sedang memiliki beban berat dalam hidupnya, diguyur air dari kepala hingga ujung kaki. Kadangkala kala dicoba pada tengah malam. Kadangkala, juga dibarengi dengan doa-doa. Yakin ataupun tidak, banyak yang merasa terbantu dengan tata cara tersebut. Untuk Kamu yang tidak yakin dengan metode kuno itu, paling tidak dapat yakin jika mandi menjadi rekomendasi dari banyaknya ahli jiwa di masa modern untuk membantu meringankan tekanan pikiran.

Kedua, berolahraga. Dikala badan bergerak, berkeringat, maka akan menghasilkan sebagian zat yang dapat membuat kita lebih gembira serta optimistis. Saya sempat melihat salah satu terapi di suatu rumah sakit jiwa, saudara-saudara kita yang sedang tidak sehat secara jiwa itu, salah satunya diterapi dengan melaksanakan kegiatan fisik seperti jalan kaki dengan di bawah cahaya matahari atau dalam kata lain berjemur. Orang kampung juga memiliki model yang mirip semacam ini. Jika di kampung terdapat orang yang mulai sumpek alias stres, umumnya diminta untuk mencari rumput ataupun mencangkul sawah. Tujuannya bukan buat benar-benar mencari rumput ataupun mencangkul. Tetapi biar orang tersebut terkena cahaya matahari serta menghasilkan keringat. Sehingga dari situ dipercaya dapat membantu menanggulangi rasa stres.

Ketiga, makan yang lezat. Kita pasti tidak asing dengan sebutan good food good mood. Santapan yang baik dapat membantu menghasilkan atmosfer hati yang baik pula. Biasanya, hal ini dapat sedikit membantu untuk meringankan rasa stres. Sehingga, makan coklat ataupun makan suatu yang menyegarkan, biasanya dapat menjadikan hati lebih lapang. Banyak tekanan di kantor, keluar sebentar, cari santapan yang disukai, kemudian balik ke kantor telah dalam keadaan pikiran yang lebih fresh.

Keempat, nonton sebuah film. Banyak orang merasa nonton film dapat membantu melupakan sejenak sebuah kepenatan, dan mengusir sejak dini bibit-bibit stres yang mulai tumbuh. Tiap orang pasti memiliki selera genre film yang berbeda. Ada yang suka film komedi ataupun drama cinta. Jika saya sih biasanya lebih suka menyaksikan film cinta yang penuh dengan drama tetapi berakhir dengan bahagia, sebab setelah selesai menontonnya, dada terasa lebih bersahaja.

Kelima, membaca sebuah buku. Untuk orang-orang tertentu, membaca buku dapat menjadi alat dalam melupakan sejenak masalah hidup serta tekanan yang ada. Otak dapat melanglang buana ke alam lain, yakni alam bacaan. Membaca karya sastra misalnya, dipercaya banyak pakar jiwa, bukan cuma dapat menaikkan energi imajinasi kita, melainkan juga dapat meredakan tekanan pikiran. Berangkat mengembara ke negeri imajinasi, agar setelah itu dapat kembali ke pikiran yang semula, tetapi dengan perspektif serta keadaan otak yang lebih fresh dan baru. Tentu naskah sastra bukan satu-satunya bahan bacaan. Ada saja yang suka dengan tipe bacaan lain, bisa jadi esai psikologi, novel, ataupun bacaan religi mengenai keagamaan.

Keenam, nangkring. Kita kerap salah kaprah jika terdapat sahabat kita yang sedang memiliki permasalahan berat, sehingga kemudian kita seakan bijak dengan berkata kepada orang di sekitar kita kalau sang sahabat lagi terdapat permasalahan serta sebaiknya dibiarkan sendirian dulu. Bisa saja itu benar, jika sahabat itu merupakan tipikal orang yang mungkin memerlukan lebih banyak bicara dengan dirinya sendiri. Merenungi persoalannya. Tetapi bisa saja itu adalah sebuah imbauan yang tidak valid. Banyak terjadi, jika sang sahabat sebetulnya malah butuh ditemani nangkring, ngobrol yang ringan, sehingga dapat menghiburnya.

Ketujuh, memutar musik. Untuk yang satu ini telah terbukti dengan banyaknya hasil penelitian. Memutar musik yang disukai dapat menjaga suasana hati yang baik. Bahkan dipercaya dapat memberikan terobosan semangat. Jika butuh, dapat diiringi dengan bernyanyi dan bergoyang. Jikamesti malu, maka tinggal tutup pintu kamar.

Tidak hanya ketujuh poin itu saja, pasti ada banyak aktivitas sederhana yang dapat dicoba agar dapat meringankan stres. Berenang, berangkat ke tepi laut (air aroma garam dipercaya memiliki kekuatan membebaskan penat serta tekanan pikiran), memasak, menyirami tumbuhan,memberi makan ikan, serta banyak lagi perihal lain. Sekali lagi, jangan sampai lupa, jia semua itu semata-mata hanya untuk menbantu. Jangan lupa pada perihal yang prinsip dan penting: menuntaskan pangkal permasalahan yang membuat kita stres. 

***

Tidak ada komentar untuk "Tips-tips Sederhana Atasi Rasa Stres"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel